Jumat, 02 Agustus 2013

Tim Razia Temukan Hati Sapi Bercacing di Pasar Kartosuro Sukoharjo

Global News : Jakarta - Pemkab Sukoharjo mengadakan pemeriksaan atau razia mendadak terhadap penjualan daging sapi di Pasar Kartosuro, Sukoharjo. Tidak ditemukan daging glonggongan, namun di sejumlah lapak ditemukan hati sapi bercacing yang dijual. Petugas langsung memerintahkan agar hati tersebut dimusnahkan.

Razia itu dilakukan oleh tim gabungan pada Sabtu (3/8/2013) pagi. Tim adalah petugas gabungan dari Dinas Perindutrian dan Perdagangan, Sub Dinas Peternakan, dan Satpol PP. Pemeriksaan menjelang lebaran itu dilakukan untuk memastikan daging di pasaran aman dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

Tim tidak menemukan daging glonggongan di pasaran. Namun petugas menemukan hati sapi tak layak konsumsi yang dijual di sejumlah lapak pedagang. Hati sapi tersebut membahayakan kesehatan jika dikonsumsi karena di dalamnya mengandung cacing hati.

Tak mau kecolongan, tim razia langsung memerintahkan kepada para pedagang untuk menurunkan dagangan bermasalah itu dari lapak dan harus segera dimusnahkan. Bukan hanya telah jelas terdapat cacing hati, hati yang di dalamya baru ditemukan sarang cacing maupun hati yang ditemukan dalam kondisi rusak juga harus dimusnahkan agar tidak merugikan konsumen.

"Hati yang rusak maupun terkontaminasi cacing telah kami cacah sehingga tidak bisa dijual lagi. Selanjutnya kami perintahkan segera dimusnahkan. Selanjutnya kami akan semakin memperketat pengawasan peredaran daging sapi maupun ayam karena permintaan akan semakin meningkat mendekati lebaran," ujar Bambang Haryanto, ketua tim razia dari Pemkab Sukoharjo.

detiknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar