Minggu, 15 September 2013

5 Juta Murid di Suriah Kembali ke Sekolah

Global News World : DAMASKUS - Lima juta murid kembali ke sekolah di Suriah pada awal ajaran tahun baru. Seorang anak berusia lima tahun tampak antusias dengan ransel barunya dan menggenggam tangan orangtua mereka.

Terlihat pula gadis remaja mengenakan mode terbaru berjalan bergandengan tangan dan bergosip setelah liburan musim panas yang panjang. Anak-anak muda lainnya tampak asyik bermain sepak bola sebelum bel masuk untuk memulai kelas.

Tampak pula seorang murid muda di Suriah berjalan di ruang kelas di sebuah sekolah di Abou Roumaneh distrik ibu kota Suriah, Damaskus. Rezim Assad mengawasi murid Suriah kembali dengan keadaan yang berbeda setelah adanya dugaan serangan senjata kimia.

Dilaporkan Sky News, Minggu (15/9/2013), sebelum konflik yang telah membuat 100 ribu orang tewas, banyak anak yang berjalan kaki sendiri ke sekolah. Namun sekarang, sebagian besar dari mereka langsung diantar oleh orangtua.

Diketahui, lebih dari 2.000 dari 22 ribu sekolah di Suriah telah hancur dalam perang. Unicef bahkan mendata sebanyak 3.000 sekolah. Seorang ayah, yang tinggal enam mil (10 kilometer) dari Damaskus mengatakan ia telah mengajari anak-anaknya di rumah selama satu tahun.

Pagi ini ia tiba di sekolah Dar es Salaam yang terletak di pusat ibu kota dengan dua putrinya. "Ini adalah pertama kalinya mereka datang ke sekolah ini," katanya.

"Ada harapan baru sekarang (setelah kesepakatan di Jenewa). Serangan militer Amerika tidak menuai solusinya. Dialog adalah satu-satunya cara," tambah dia.

Setidaknya, kebanyakan anak di Damaskus masih memiliki kesempatan untuk pergi ke sekolah. Sementara satu juta anak-anak Suriah lainnya sekarang berada di tempat pengungsi seperti di Yordania, Lebanon, Irak, dan Mesir, di mana pendidikan mereka jauh lebih berbahaya.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar