Sabtu, 21 September 2013

Oposisi Suriah Tolak Mentah-mentah Tawaran Iran Jadi Penengah Konflik

Global News World : Damaskus - Kelompok oposisi Suriah menolak mentah-mentah tawaran Iran untuk menjadi penengah dalam konflik Suriah. Tawaran Iran untuk memfasilitasi dialog antara oposisi dengan rezim pemerintah Suriah tersebut dianggap tidak serius.

"Usulan Iran tidak serius dan tidak memiliki kredibilitas politik," demikian pernyataan kelompok oposisi yang menamakan diri Koalisi Nasional Suriah seperti dilansir AFP, Sabtu (21/9/2013).

Pernyataan ini muncul setelah Presiden Iran Hassan Rowhani mengutarakan niatnya untuk memfasilitasi dialog antara rezim Presiden Bashar al-Assad dengan kelompok oposisi Suriah. Bagi Koalisi Nasional Suriah, komitmen Iran untuk menjadi penengah dalam konflik Suriah sangat diragukan.

"Akan lebih berguna jika pemimpin Iran menarik pejuang dan ahli militernya dari wilayah Suriah," imbuh Koalisi Nasional Suriah.

Menurut kelompok oposisi, Iran sendiri merupakan bagian dari masalah yang memperparah konflik Suriah. Sejak lama, oposisi Suriah menuding Iran diam-diam mengirimkan tentaranya untuk membantu rezim Assad memerangi kelompok pemberontak Suriah.

Iran juga dikenal sebagai pendukung utama kelompok Hizbullah yang bermarkas di Libanon. Sedangkan Hizbullah sendiri terang-terangnya menyatakan dukungan dan mengirimkan anggotanya untuk membantu rezim Assad.

Kelompok oposisi juga menyebut, otoritas Iran memberikan bantuan dana kepada pemerintah Suriah selama konflik berlangsung.

detiknews

Tidak ada komentar:

Posting Komentar