Sabtu, 21 September 2013

Pakistan bebaskan pemimpin Taliban

Global News World : Mullah Abdul Ghani Baradar, pendiri kelompok Taliban Afghanistan, telah dibebaskan dari penjara di Pakistan, kata para pejabat.

Sejauh ini belum ada pengumuman resmi tentang peristiwa ini, walaupun pembebasan Mullah Baradar disebut-sebut terkait dengan proses perdamaian di Afghanistan yang tengah diupayakan Kabul.

Mullah Baradar adalah salah seorang dari empat pria yang mendirikan gerakan Taliban di Afghanistan pada 1994.

Dia menjadi sosok penting di balik proses perlawanan Taliban setelah kekuasaan mereka digulingkan oleh invasi pimpinan AS pada 2001.

Dia ditangkap di Karachi, Pakistan pada tahun 2010 lalu.

Juru bicara Taliban di Afghanistan, Zabihullah Mujahid, mengatakan mereka belum dapat mengkonfirmasi berita pembebasan Baradar.

"Kami belum menerima konfirmasi resmi tentang pembebasannya," kata Mujahid kepada kantor berita AFP di Kabul.

Tidak jelas di mana Baradar akan melakukan perjalanan setelah pembebasannya. Dia mungkin pergi ke negara ketiga, kemungkinan Uni Emirat Arab.

Lebih dari 30 pemimpin Taliban telah dibebaskan dari penjara Pakistan dalam beberapa bulan terakhir. Namun para wartawan mengatakan, pembebasan para tahanan Taliban ini tidak banyak berdampak terhadap proses perdamaian.


Duta perdamaian

Penasehat politik pemerintah Afghanistan, yang terlibat pembahasan masalah perundingan perdamaian dengan Taliban, Ismail Qasim Yar, mengatakan kepada BBC bahwa Mullah Baradar adalah "duta perdamaian."

Baradar adalah salah satu pendiri Taliban dan memegang berbagai posisi senior di masa pemerintahan mereka, sebelum kejatuhannya pada tahun 2001.

Dia kemudian melarikan diri ke Pakistan dan selama beberapa tahun memegang posisi komandan militer Taliban.

Mullah Baradar dilaporkan ditangkap dalam serangan rahasia oleh CIA dan agen Pakistan.

Wartawan BBC Aleem Maqbool di Islamabad mengatakan pembebasan salah satu pendiri Taliban dan dalang pemberontakan Afghanistan ini mungkin terlihat sebagai langkah kontra-produktif bagi pemerintah Kabul dan koalisi pimpinan AS.

Tapi Mullah Baradar telah dipandang sebagai salah satu tokoh Taliban yang menunjukkan kesediaan untuk bernegosiasi, kata wartawan BBC.

detiknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar