Sabtu, 21 September 2013

Ibadah Shalat Jumat Diguncang Bom, 18 Jemaah Tewas

Global News World : BAGHDAD – Dua bom meledak di sebuah masjid milik kelompok Sunni di Kota Samara, Irak. Serangan ini menewaskan 18 jemaah yang sedang beribadah di masjid tersebut.

Kedua bom disembunyikan di perangkat pendingin ruangan yang ada di dalam masjid. Pemerintah Kota Samara menyatakan, ledakan terjadi di tengah berlangsungnya ibadah shalat jumat. Selain 18 korban tewas, serangan juga menyebabkan 21 jemaah lainnya luka-luka.

 “Kami mencemaskan penyerangan (bom) terhadap kaum sunni dan syiah bertujuan untuk menciptakan perselisihan sektarian di negeri ini,” tegas pejabat Dewan Kota Samara, Mizhar Fleih, seperti dikutip Al-Jazeera, Sabtu (21/9/2013).

Samara terletak 95 kilometer (km) dari ibukota Irak, Baghdad. Kota ini mayoritas dihuni kaum Sunni walaupun merupakan kota suci bagi kaum syiah.

Irak selama ini memang berhadapan dengan masalah kekerasan. Jumlah korban tewas akibat kekerasan di Irak tercatat sebanyak empat ribu orang sejak April. Minggu lalu, serangan serupa juga menyerang masjid Sunni di timur laut Irak dan membunuh 33 jiwa.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar