Sabtu, 10 Agustus 2013

Obama Sebut Eks Intelijen CIA Edward Snowden Bukan Seorang Patriot

Global News World : Washington - Presiden Amerika Serikat, Barack Obama mengatakan Eks Agen Intelijen National Security Agency (NSA) Edward Snowden bukanlah sosok patriot. Hal itu dilontarkan Obama saat menggelar konferensi pers di Gedung Putih, Washington, tadi malam.

Obama menyebut Snowden bukan patriot karena membocorkan rahasia intelijen AS dan program surveilans AS.

"Tidak, aku tidak berpikir Mr Snowden adalah seorang patriot," kata Obama, dikutip dari USA Today, Sabtu (10/8/2013).

Dalam konferensi pers dengan durasi 50 menit itu, Obama menyebut kalau Snowden akan didakwa dengan tiga pasal terkait kebocoran negara. Dia mengatakan pembocoran yang dilakukan oleh Snowden, memberi kesan bahwa pemerintah AS memata-matai warga negaranya.

Obama juga membahas kpengumuman rencana untuk pengawasan lebih besar dari program surveilans komunitas intelijen, langkah itu dinilai yang akan membantu keseimbangan antara melindungi Amerika keamanan dan privasi mereka.

Snowden merupakan pakar IT dan pernah bekerja pada CIA. Saat ini dia melarikan diri ke Hong Kong dan kemudian terbang ke Rusia. Diklaim, Snowden mendapat bantuan dari pendiri WikiLeaks, Julian Assange dalam perjalanannya ke Rusia tersebut. Snowden sudah mendapatkan suaka dari pemerintah Rusia yang berpotensi menimbulkan konflik di dua negara.

detiknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar