Kamis, 08 Agustus 2013

Range Rover Evoque Pecundangi Medan Berat

Global News : SUKABUMI- Range Rover Evoque memang didesain sebagai kendaraan untuk kondisi on-road. Evoque berstatus sebagai SUV (Sport Utility Vehicle) paling stylish di dunia, didesain oleh Design Director Land Rover, Gerry McGovern, bersama dengan Victoria Beckham.

Meski berwajah cantik, Range Rover Evoque ternyata bukan hanya bisa digunakan di jalan raya mulus perkotaan. Evoque bisa juga diajak bermain lumpur di alam liar, dengan kontur jalan tanjakan curam atau turunan tajam.

Grandauto Dinamika sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Jaguar Land Rover di Indonesia, menggelar sesi test drive and ride All New Range Rover, Range Rover Evoque dan Land Rover Discovery, kepada 22 jurnalis media nasional dan automotif.

Gelaran uji coba ini dilakukan di kawasan off-road Cikidang, Sukabumi, Jawa Barat. Sebuah area terhampar luas dan memang biasa digunakan untuk ajang unjuk gigi mobil-mobil off-road. Panjang lintasan sekira 1,1 kilometer, dengan kondisi trek yang becek dan berlumpur karena memang baru saja diguyur hujan.

Empat orang instruktur yang terdiri dari off-roader nasional, bertugas memberikan pengarahan sekaligus menampingi para jurnalis saat menjajal tiga mobil yang memiliki banderol di atas semiliar ini.

“Usahakan santai saja tidak terlalu tegang, tapi tetap fokus. Sikap santai membuat kita bisa mengambil keputusan dengan tepat saat berada di situasi bahaya. Cari posisi duduk terbaik, dan posisi tangan di kemudi juga harus dijaga. Ibu jari jangan melingkar di kemudi, harus ada atas batang setir,” jelas Odoy, off-roader nasional yang menjadi pendamping Okezone.

Okezone mendapat kesempatan menjajal Range Rover Evoque, dengan konfigurasi mesin bensin 2,0 liter Si4 Fuel Injection, Turbicharger dan Twin Variable Valve Timing. Punya tenaga 240 PS, dengan sistem transmis matik Triptonic enam percepatan.

Kursi depan bisa diatur secara elektrik, buat mendapatkan posisi terbaik dalam mengemudi. Transmisi bukan lagi model tuas, tapi model putar dimana pengemudi tinggal memutar sesuai kebutuhan berkendara. Putar transmisi ke posisi D, dan injak pedal gas maka handbrake akan terbuka otomatis, dan jalan.

Tantangan pertama adalah tanjakan tinggi sekira 100 meter dengan kemiringan 40 derajat. Injak gas pol, sambil menjaga kemudi agar mobil tetap pada trek. Evoque sudah mengadopsi sistem mengemudi otomatis, dimana semua sensor pada mobil akan bekerja dan memberikan kemudahan pada pengendara.

Fitur yang tersedia antara lain, Hill Start Assis, Hill Descent Control (HDC), Enhanced Understeer Control (EUC), Dynamic Stability Control (DSC), Roll Stability Control (RSC), Traction Control System (TSA). Gradient Release Control (GRC) dan Engine Drag Torque Control.

“Mudahnya di Evoque, pengemudi tinggal masuk mobil, dan injak pedal gas. Semua akan secara otomatis dikontrol oleh fitur-fitur mobil. Saat Anda ada di tanjakan, turunan, atau medan jalan yang berat, maka mobil akan beradaptasi sendiri sesuai kebutuhan pengendara,” beber instruktur.

Saat bertemu dengan turunan tajam, Okezone mencobanya dengan tidak menginjak pedal rem. Ternyata, mobil mampu berjalan otomatis melewati turunan tajam tersebut berkat fitur Hill Descent Control. Semua tantangan yang disediakan, bisa dimakan dengan mudah oleh Evoque, dan hebatnya hanya dengan menggunakan ban standar, bukan ban off-road. Ini membuktikan bahwa Range Rover Evoque juga mampu melibas kondisi jalan terburuk sekalipun.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar