Rabu, 07 Agustus 2013

Hari Ini Puncak Arus Mudik di Jembatan Suramadu


Global News : Jakarta - Puncak arus mudik di Tol Jembatan Suramadu (Surabaya-Madura) diprediksi terjadi pada hari ini. Jumlah kendaraan yang melintas diperkirakan mencapai 80 ribu kendaraan.

"Kita perkirakan hari ini atau H-1 adalah puncak arus mudik," ujar Kepala Gerbang Tol Suramadu, Rabu (7/8/2013).

Suharyono menerangkan, puncak arus mudik mulai terasa sejak pukul 12.30 wib. Antrean kendaraan tidak hanya terjadi pada roda 2 atau sepeda motor saja, tapi juga kendaraan roda 4.

Petugas tol pun harus menambah pintu untuk kendaraan roda 2. Sebelumnya dibuka 2 pintu, namun jumlah kendaraan pemudik terus meningkat, sehingga membuka kembali 4 pintu.

Meski sudah dibuka 6 pintu, antrean kendaraan roda 2 masih mengular hingga 500 meter. Namun, menjelang sore, antrean pun berkurang menjadi sekitar 300 meter.

Antrean panjang juga terjadi pada kendaraan roda empat. Ekor antrean sekitar 1 kilometer, karena pintu tol yang seharusnya 3, hanya berfungsi 2 pintu saja. Sebab 1 pintu digunakan untuk jalur roda 2.

"Untuk yang dari Surabaya saja, mulai pagi tadi sampai sore ini sudah mencapai 45.000 kendaraan. Jika diprediksi sampai besok pagi pukul 06.00 wib, bisa mencapai 60.000 kendaraan. Kalau dihitung totla dengan kendaraan yang dari arah Madura menuju ke Surabaya, bisa mencapai 80.000 kendaraan," terangnya.

Suharyono mengatakan, puncak arus mudik lebaran 2013 lebih banyak dibandingkan dengan tahun lalu. Meski puncak arus mudiknya sama pada H-1, jumlah kendaraan yang melintas di Suramadu pada tahun lalu hanya sekitar 74.000 kendaraan.

"Kalau dominasi kendaraan pada puncak arus mudik tahun ini sama dengan tahun lalu, yakni sekitar 72 persen roda 2," jelasnya.

detiknews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar