Selasa, 10 September 2013

ASIA TENGGARA - SBY: Jangan Sentuh Suriah Tanpa PBB

Global News World : JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menegaskan kembali bahwa penyerangan terhadap Suriah tidak bisa dilakukan tanpa ada mandat dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Serangan itu direncanakan setelah Suriah diduga menggunakan senjata kimia kepada warganya sendiri.

Di Istana Kepresidenan, Presiden membahas berbagai agenda yang dijalaninya selama turut serta dalam pertemuan G-20 di Rusia. Dari segi keamanan, isu Suriah menjadi permasalahan utama yang dibahas selama pertemuan berlangsung.

Mengenai rencana intervensi militer di Suriah, SBY menegaskan penolakannya atas rencana tersebut. Menurutnya, langkah itu harus disertai persetujuan dari PBB.

"Kalau soal keamanan tentu kita membahas isu Suriah. Semua pandangan kita bicarakan (tentang) serang dengan operasi militer tanpa atau dengan mandat PBB," ujar Presiden, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (10/9/2013).

"Satunya lagi, jangan sentuh Suriah tanpa PBB!" tegas SBY.

Menurut Presiden, ketika membahas penyerangan dengan atau tanpa mandat PBB ini yang memicu ketegangan dari para pemimpin yang menghadiri pertemuan tersebut. Dirinya pun menyampaikan pandangan tentang perlunya proses politik yang aktif dan transparan, gencatan senjata dan tak diperlukan serangan militer.

Tetapi hal tersebut tidak laku di antara para pemimpin dunia yang menghadiri pertemuan G-20. Meskipun pada akhirnya Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama membuka peluang untuk membatalkan opsi militer ke Suriah.

Obama menerima usulan dari Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengajukan agar senjata kimia milik Suriah diawasi oleh dunia internasional. Menurut Obama, usul Rusia amat positif untuk mengatasi pertumpahan darah.

Rencana serangan ke Suriah dilatarbelakangi dugaan penggunaan senjata kimia oleh Presiden Assad dalam perang melawan kelompok oposisi Suriah. Serangan itu justru menghantam warga sipil dan diperkirakan menewaskan sekira 1.700 warga.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar