Senin, 09 September 2013

Diduga Sesat, MUI Selidiki Aktivitas Pondok Alif Lam Mim Pancasila

Global News World : TULUNGAGUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Tulungagung, Jawa Timur, menyelidiki sekelompok orang di Desa Tawing, Kecamatan Gondang yang diduga penganut aliran menyimpang. Selain bernampilan nyentrik, yakni mengenakan pakaian serba hitam, bersongkok, dan beratribut khusus, orang-orang ini juga berprilaku eksklusif.

Secara sosial mereka memilih berinteraksi dengan anggota kelompoknya sendiri daripada bergaul dengan masyarakat pada umumnya. "Mereka mengklaim sebagai jamaah pondok yang bernama Alif Lam Mim Pancasila," ujar Ketua MUI Tulungagung, Agus Hadi Mahfudz kepada wartawan, Senin (9/9/2013).  

Dari data yang dihimpun, ada sekitar 70 orang yang menjadi anggota kelompok tersebut. Dalam berkumpul, berbincang dan berdiskusi, mereka dipimpin oleh seorang imam bernama Wahyudi (35), warga desa setempat. Hal itu yang membuat aktivitas mereka dipandang masyarakat sebagai hal aneh dan meresahkan. 

Menurut Gus Hadi -saapan Agus Hadi Mahfudz-, kelompok Pondok Alif Lam Mim Pancasila mengaku lebih banyak membicarakan tema Pancasila. Sehingga mereka menolak ketika dituding sebagai kelompok aliran sesat. "Sejauh ini kami juga belum menemukan ajaran yang sifatnya menyesatkan. Mereka lebih banyak berbicara Pancasila," jelasnya.

Kendati demikian, pihaknya sudah meminta kelompok itu menandatangani perjanjian yang intinya tidak akan menyebarkan ajaran yang menyesatkan.

Sementara Ali Makruf (50), seorang anggota Pondok Alif Lam Mim, warga Desa Sidem, Kecamatan Gondang, menegaskan tidak ada yang sesat dalam ajaran kelompoknya. Sebab semua yang dibahas dan didalami adalah ajaran Pancasila yang tidak bertentangan dengan dogma agama.

"Tidak ada yang sesat, semuanya murni Pancasila. Saya masuk sebagai anggota karena merasa prihatin dengan generasi muda yang mulai meninggalkan pancasila," terangnya.

Wahyudi selaku imam pondok menambahkan bahwa kegiatan yang dilakukanya adalah ingin membumikan ajaran Pancasila di dalam kehidupan masyarakat. Dia menganggap wajar kecurigaan masyarakat karena memang kurang memahami isi kegiatan yang dilakukan.

Namun ia menyatakan tidak akan melawan (pasrah) jika MUI berniat membubarkan kelompoknya. "Tidak masalah kalau memang akan dibubarkan.  Kebenaran akan membuktikanya," tambahnya.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar