Selasa, 10 September 2013

Diplomat Rusia Tewas Ditembak

Global News World : ABKHAZIA - Seorang diplomat senior Rusia dilaporkan telah terbunuh di daerah Abkhazia yang merupakan daerah yang ingin memisahkan diri dengan negara Georgia. Belum diketahui siapa pembunuh diplomat itu.

Sekretaris utama Kedutaan Besar Rusia untuk Abkhazia, Dimitry Vishernev diketahui ditembak dalam jarak dekat pada Selasa 10 September 2013 waktu setempat. Dia ditembak ketika mengeluarkan mobilnya dari garasi rumah di Kota Sukhumi, Abkhazia.

"Mereka yang merencanakan kejahatan keji ini adalah musuh rakyat Abkhazia," kata Menteri Luar Negeri Abkhazia dalam pernyataan resminya, seperti dilansir dari al-Jazeera, Selasa (10/9/2013).

Dilaporkan juga istri dari sang diplomat juga masih dalam perawatan intesif akibat luka serius dalam insiden tersebut. Belum dipastikan motif apa yang digunakan untuk membunuh Vishernev.

Menurut kementerian dalam Negeri Abkhazia, dari bukti yang sudah terkumpul pembunuhan Vishernev merupakan salah satu aksi teroris.

Sekadar Informasi, Abkhazia merupakan negara pesisir yang sangat subur tetapi memilik reputasi untuk korupsi dan kejahatan tinngi. Mereka ingin memisahkan diri dari Georgia sejak perang runtuhnya Uni Soviet 1991 silam.

Rusia sendiri memang salah satu negara yang mengakui kemerdekan Abkhazia dan berapa negara daerah konflik lain. Pengakuan Rusia keluar setelah perang lima hari terjadi antar Georgia dan Abkhazia yang sempat menyulut kemarahan Amerika Serikat (AS) dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar