Senin, 09 September 2013

HT Minta Kader Perindo Setia Dampingi Petani

Global News World : PADANG - Ketua Umum Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibdjo, meminta kader Perindo di Sumatera Barat mendampingi petani lokal dalam menggunakan pestisida dan pupuk urea pada tanaman.

Sebab banyak petani lokal yang tidak paham mengenai penggunaan pestisida dan urea yang berlebihan dapat merusak kandungan gizi dalam sayur dan buah. Selain itu tidak pestisida juga dapat merusak ekologi lingkungan.

Asal tahu saja dalam pupuk urea mengandung senyawa kimia nitrogen (N) yang sangat tinggi sebesar 46 persen. Itu artinya dalam 100 kg pupuk area ada 46 kg hara N. Urea memang dapat membuat daun tanaman lebih hijau dan segar karena mengandung banyak klorofil. Namun penggunaan pupuk urea dalam jangka panjang tanpa diimbangi dengan pupuk kompos atau bahan organik bisa membuat tanah menjadi rusak.

“Perindo merupakan wadah generasi muda untuk membaktikan diri kepada masyarakat. Banyak cara yang dapat dilakukan melalui Perindo, salah satunya di bidang pertanian. Sumatera Barat ini, mayoritas masyarakat kan bertani, tetapi sering kali pengelolaan lahan tidak tepat sehingga mengancam kelangsungan lahan. Nah di sini, kader Perindo dapat ambil bagian dengan cara memberikan penyuluhan kepada para petani,” terang Hary, Senin (9/9/2013).

Pada kesempatan yang sama, Bendahara DPW Perindo Sumatera Barat, Iwan Rafki menuturkan hal senada. Mayoritas penduduk Sumatera Barat bermata pencaharian sebagai petani, namun mereka kurang paham mengenai bahaya penggunaan pestisida dan urea yang berlebihan bagi tanaman dan ekosistem.

“Penggunaan urea itu sangat berbahaya, memang daun tanaman menjadi hijau tapi buahnya tidak bagus. Harus pemerintah membatasi impor urea, seperti Malaysia itu sudah di stop,” kata Iwan.

HT Apresiasi DPW dan DPD Perindo Sumatera Barat
Calon Wakil Presiden RI 2014 ini juga melantik pengurus DPW dan Perindo Sumatera Barat di depan sekretariat DPW Perindo Sumatera Barat. Pada kesempatan itu Hary Tanoe menyerahkan amanah ketua DPW Perindo kepada Marlis. Selain itu Hary Tanoe juga melantik pengurus 19 DPD Perindo Sumatera Barat.

“Saya sangat bangga dan mengapresiasi Pengurus Perindo Sumatera, DPD  lengkap. Jadi saya berharap pengurus dan kader Perindo yang baru dilantik mampu menjalankan amanat dan misi perubahan yang diusung Perindo,” katanya.

Lanjutnya, Perindo memiliki misi dan program kerja yang jelas dan terarah. Mulai dari bidang perekonomian rakyat, bantuan hukum bagi rakyat miskin, memberikan batuan beasiswa bagi pelajar berprestasi, dan bakti sosial.

“Kita ajak orang-orang pintar dan kreatif buat gabung. Kita bentuk koperasi dan UMKM untuk membantu perekonomian rakyat. Kita ajak profesional-profesional di bidang hukum untuk bergabung dalam sayap hukum Perindo, Badan Advokasi Rakyat (BARA), seperti yang baru kita lantik pengurusnya tadi,” ujar Hary.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar