Senin, 09 September 2013

Menlu AS: Pemerintah Suriah Tidak Bisa Dipercaya

Global News World : LONDON – Pemerintah Amerika Serikat (AS) menyerang balik pernyataan Presiden Suriah Bashar al Assad yang membantah telah menyerang rakyatnya sendiri dengan senjata kimia. Menteri Luar Negeri AS John Kerry menyebut Assad sosok yang tidak bisa dipercaya.

“Ucapan Assad tidak sesuai dengan fakta. Dia terkenal sebagai seorang pembohong,” ujar Kerry saat berkunjung ke Inggris, seperti dikutip Sky, Senin (9/9/2013).

“Assad adalah sosok yang telah membunuh ribuan warganya selama berkuasa. Dia menyerang sekolah dengan rudal dan menembak gas kimia ke anak-anak,” lanjut Kerry.

Assad sempat mengancam akan melancarkan balasan jika AS benar-benar menyerang Suriah. Kerry menyatakan, AS siap menghadapi balasan dari Pemerintah Suriah.

“Risikonya jauh lebih besar jika kita tidak menyerang Assad,” terangnya.

Dalam kunjungannya, Kerry membahas masalah Suriah dengan Menteri Luar Negeri Inggris William Hague. Dia menegaskan, hubungan kedua negara tetap baik walaupun Inggris menarik diri dari rencana serangan ke Suriah karena penolakan parlemen.

“Hubungan AS dan Inggris adalah hubungan yang istimewa. Hubungan ini tidak akan dirusak oleh satu penolakan oleh parlemen,” pungkasnya.

Assad membantah tuduhan AS dalam sebuah wawancara dengan stasiun televisi CBS. Dia menantang Pemerintah AS untuk menunjukkan bukti bahwa dia terlibat serangan senjata kimia di Suriah.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar