Senin, 09 September 2013

Jadi Anggota ASEAN, Timor Leste Tinggal Tunggu Waktu

Global News World : JAKARTA - Keinginan Timor Leste untuk menjadi bagian dari Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) tinggal menunggu masalah waktu. Keyakinan ini disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Timor Leste, Jose Luis Gutierrez saat berkunjung ke Jakarta.

"Dalam pertemuan yang dihadiri oleh (Menteri Luar Negeri) Marty Natalegawa di Brunei, kemungkinan Timor Leste menjadi bagian dari ASEAN sudah sangat dekat. Apalagi dengan adanya dukungan dari Indonesia," ujar Gutierrez, kepada wartawan, di Jakarta, Senin (9/9/2013).

Mantan Duta Besar Timor Leste untuk Amerika Serikat (AS) ini melihat sejarah Timor Leste yang tidak bisa dipisahkan dari Indonesia dengan melatari kepercayaan dirinya dan pemerintah Timor Leste. Dia juga menambahkan, bukan saja Indonesia telah mendukung negaranya, tetapi negara-negara seperti Brunei juga turut mendukung terhadap terwujudnya anggota ke sebelas ASEAN.

Namun demikian, saat ditanyakan kapan dan bagaimana kemajuan nyata terhadap keinginan Timor Leste Gutierez menjawab, "ini hanya masalah waktu, sementara kemajuan dari proses menjadi anggota sebaiknya ditanyakan langsung pada otoritas ASEAN kita (Timor Leste) masih dalam posisi menunggu," kata Gutierez.

Keinginan mantan provinsi ke 27 Indonesia untuk menjadi negara anggota ASEAN memang menjadi proses yang sangat panjang dan juga melelahkan. Pihak ASEAN sendiri menginginkan masuknya Timor Leste menjadi anggota ASEAN bisa menguatkan posisi ASEAN bukan sebaliknya.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar