Selasa, 10 September 2013

Suriah Siap Serahkan Senjata Kimianya ke PBB

Global News world : MOSKOW – Pemerintah Suriah siap menyerahkan pasokan senjata kimia yang dimilikinya ke PBB. Langkah itu diambil untuk mencegah serangan Negara Barat ke Suriah.

Proposal untuk menyerahkan senjata kimia Suriah ke PBB pertama kali diajukan oleh Rusia. Pemerintah Suriah menerima proposal tersebut setelah melakukan komunikasi dengan Rusia.

“Kami menerima proposal Rusia atas dasar kepedulian kami terhadap rakyat dan keamanan negeri,” ujar Menteri Luar Negeri Suriah Walid al Moualem, seperti dikutip The Washington Post, Selasa (10/9/2013).

Proposal Rusia berhasil meredakan isu Suriah yang sempat memanas. Amerika Serikat (AS) dan sekutunya menyambut baik usulan Rusia dan berjanji membatalkan serangan jika proposal itu berhasil dijalankan.

"Tentunya (akan dihentikan serangan itu), bila fakta tersebut (tidak ada senjata kimia) memang ada," ucap Presiden AS Barack Obama.

Pemerintah Rusia mengaku sedang mengerjakan detail proposal bersama dengan rekannya dari Suriah. Rusia juga akan mengajak PBB dan organisasi internasional lainnya dalam proses pembuatan proposal.

Tidak semua pihak menerima proposal dari Rusia. Senator As, John McCain, mencurigai proposal itu hanyalah cara Rusia dan Suriah untuk mengulur waktu.

“Saya pikir mereka hanya ingin mengulr waktu, namun kita tidak bisa begitu saja menolak proposal ini,” imbuh McCain.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar