Senin, 09 September 2013

MS Hidayat: Foxconn Minta Maaf Telat Bangun Pabrik

Global News World : JAKARTA - Perusahaan manufaktur asal Taiwan, Foxconn Technology Co Ltd berencana membangun pabrik manufaktur di Indonesia. Namun, hingga saat ini rencana tersebut belum juga terealisasi pembangunannya.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat mengaku dirinya mendapatkan email dari pihak Foxconn, yang berisikan permintaan maaf atas terhambatnya rencana pembangunan pabrik Foxconn di Indonesia.

Menurut Hidayat, terhambatnya Foxconn untuk membangun pabrikan di Indonesia lantaran adanya masalah internal. "Ya terima email dari Foxconn, kemarin baru mendarat (dari pertemuan G-20), isinya masalah minta maaf selam tiga bulan ini terhambat karena masalah internal," ucap Hidayat di Gedung DPR, Jakarta, Senin (9/9/2013).

Selain itu, Hidayat juga menuturkan bahwa Foxconn telah mengirimkan proposal perjanjian kerjasama dengan mitra lokal.

"Mereka telah mengirimikan proposal draft perjanjian kerjasama dengan mitra lokal ini. Mereka minta komentar kemenperin selaku pemerintah apakah requirement mereka ini bisa direspons," tambahnya.

Oleh karena itu, dia berjanji dalam waktu dekat ini akan mempertemukan Foxconn dengan mitra lokal tersebut. Pertemuan tersebut, lanjut Hidayat, bertujuan agar perjanjian kerjasama ini dapat segera ditandatangani.

"Di Kemenperin akan saya pertemukan dengan local partner. Saya akan minta agar perjanjiannya dapat ditandatangani tahun ini," tutupnya.

Sebagai informasi, Foxconn akan menggandeng perusahaan swasta lokal yaitu PT Erajaya Swasembada Tbk (ERAA). Akan tetapi, Hidayat membantah telah memperlambat proses investasi Foxconn. Sebab, realisasi Foxconn akan diumumkan pada September ini.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar