Sabtu, 24 Agustus 2013

Ilmuwan Bikin Arsip 3D dari Koleksi Fosil Purba Ahmad Luthfi - Okezone

Global News World : LONDON - Peneliti di Inggris membuat arsip digital yang menampilkan gambar fosil tiga dimensi (3D). Dengan demikian, publik bisa melihat daftar ribuan fosil purba yang ditemukan di negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Dilansir Upi, Sabtu (24/8/2013), sebagian besar fosil disimpan di fasilitas penyimpanan museum dan dapat diakses serta diamati melalui database baru berbasis Web. Ini menjadi koleksi fosil pertama di dunia yang menggunakan tampilan virtual 3D.

Pengguna tidak hanya dapat melihat-lihat fosil 3D, tetapi juga mengunduh model interaktif 3D dengan ribuan gambar berkualitas tinggi. Anda juga bisa mengakses daftar fosil virtual tersebut melalui www.3d-fossils.ac.uk/ dari perangkat tablet, smartphone atau PC.

British Geological Survey telah bekerja sama dengan tim scanner 3D sejak Mei 2012. Kolaborasi ini untuk menghasilkan salinan digital 3D dari ribuan fosil yang ditampilkan dalam database.

Pejabat setempat mengungkapkan, teknologi ini tidak hanya melindungi artefak dari kerusakan, tetapi juga memungkinkan para peneliti dan mahasiswa untuk lebih mudah mendapatkan rincian informasi mengenai fosil tersebut.

Pemindaian 3D dilakukan untuk mengetahui lebih detail mengenai bentuk fisik fosil. Ilmuwan di China pernah meneliti fosil primata (kera) yang hidup di pohon puluhan juta tahun lalu menggunakan bantuan pemindaian 3D.

Kabarnya, peneliti memerlukan waktu selama setahun untuk memindai keseluruhan fosil. Sehingga, peneliti bisa mendapatkan gambaran lengkap dan detail hewan purbakala tersebut.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar