Sabtu, 24 Agustus 2013

Triwulan III, Realisasi PBB Depok Belum Capai Target

Global News World : DEPOK – Perolehan Pajak Bumi Bangunan (PBB) Depok triwulan III-2013 belum mencapai target. Raihan PBB hanya 70,37 persen dengan nilai Rp 97,50 miliar atau kurangi Rp 28,58 miIyar.

Padahal target 2013 untuk PBB sebesar Rp130 miliar. Kabid Pendapatan II Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset (DPPKA) Depok, Supian Suri mengakui minimnya raihan PBB lantaran adanya sejumlah kendala.

Mulai tidak dilaporkannya peralihan dari developer ke penghuni rumah, perubahan lahan kosong menjadi rumah hunian, hingga sosialisasi kepada masyarakat. “Kami memang akan genjot perolehan PBB melalui verifikasi validitas data PBB, yang akan menerjunkan pegawai PBB ke lapangan,” katanya kepada wartawan, Sabtu (23/8/2013).

Dia menjelaskan, telah menggulirkan rangsangan bagi enam wajib pajak (PBB) teladan dengan memberinya hadiah Rp2 juta per wajib pajak yang tersebar pada tiga kecamatan secara bergulir setiap tahun. Hadiah rangsangan itu bahkan rencananya akan ditingkatkan dengan pemberian motor. “Hadiah ini sebagai penghargaan terhadap warga yang sadar pajak untuk pembangunan Kota Depok,” ungkapnya.

Setiap tahun realisasi pajak (PBB-BPHTB) meningkat lantaran mengejar target pembangunan mulai infrastruktur jalan hingga sumber daya manusia (SDM). Karenanya, dia memperkirakan target BPHTB akan ditingkatkan dalam alokasi Anggaran Penerimaan Belanja Daerah (APBD)-Perubahan 2013.

Berbeda dengan PBB, target pendapatan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) justru melebihi target. BPHTB mencapai Rp 116miliar dari target Rp 103miliar atau 112 persen.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar