Kamis, 22 Agustus 2013

Pasukan Suriah Bom Lokasi Serangan Kimia

Global News World : DAMASKUS - Pasukan Suriah melakukan pengeboman di wilayah yang diduga menjadi lokasi yang dihantam bom kimia. Ada dugaan pasukan Suriah ingin membersihkan bukti-bukti serangan gas beracun wilayah tersebut.

Jet tempur milik militer Suriah mengebom wilayah yang berada di Damaskus. Mereka bermaksud mengentaskan perlawanan pihak oposisi yang terus berupaya untuk melengserkan kekuasaan Presiden Bashar Al-Assad.

"Jet tempur mereka melakukan serangan di Khan al-Sheikh dan Zamalka. Beberapa orang terluka dalam serangan tersebut dan memicu terjadi baku tembak," laporan the Syrian Observatory for Human Rights, seperti dikutip Reuters, Kamis (22/8/2013).

Ada laporan bahwa serangan juga ditujukan ke beberapa wilayah lain seperti Moadamiyet al-Sham, Daraya dan Irbin. "Zamalka dan Moadamiye al-Sham, juga digempur oleh rudal dalam skala besar," lanjut pihak Observatory.

Serangan ini menimbulkan kecurigaan bahwa pihak Suriah bermaksud membersihkan lokasi dugaan serangan yang menggunakan senjata kimia. Serangan juga berlangsung di saat Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berada di Suriah untuk menyelidiki penggunaan senjata kimia dalam perang saudara yang telah meletus sejak 2011 lalu.

Oposisi Suriah menuduh rezim Bashar al Assad menggunakan senjata kimia untuk menyerang warganya sendiri. Pihak oposisi menyebutkan, setidaknya 1.300 warga tewas dalam serangan senjata kimia di pinggiran Kota Damaskus pada Rabu, 14 Agustus.

Namun, sebagian pengamat menyangsikan tuduhan pihak oposisi. Mereka tidak melihat tanda-tanda serangan senjata kimia dari rekaman yang tersebar di dunia maya.

Pemerintah Suriah juga mengeluarkan bantahan melalui kantor berita miliknya. Mereka menyebut tuduhan itu bertujuan untuk merusak citra Assad di dunia internasional.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar