Sabtu, 24 Agustus 2013

Polisi Belgia Sita Narkoba Bernilai Triliunan Rupiah

Global News World : BRUSSELS - Pihak kepolisan Belgia dilaporkan berhasil menyita pil ekstasi dan juga bahan kimia yang digunakan untuk membuat barang haram tersebut. Narkoba yang disita dalam penggerebekan diperkirakan senilai 1,3 miliar Euro atau sekira Rp2 triliunan.

Penangkapan itu berlangsung pada Kamis 22 Agustus lalu. Dalam penangkapan tersebut, sembilan orang pria dan dua wanita berumur 30-50 tahun ditangkap. Mereka akan digiring ke meja hijau dengan tuduhan kepemilikan, memproduksi dan menjual obat terlarang.

Berdasarkan keterangan pihak kepolisian, para tersangka berasal dari Belgia, Turki, dan Polandia. Mereka juga terlibat dalam jaringan narkotika internasional.

Saat penyergapan di Belgia, dua laboratorium dan satu gudang menjadi sasaran pihak kepolisian. Laboratorium terbesar dalam memproduksi narkotika telah ditemukan dekat perkebunan di samping gudang kayu, daerah Chimay, selatan Belgia.

Wali Kota Chinmay Francoise Fassiaux mengaku sangat terkejut atas penemuan laboratorium di teritorinya. "Daerah ini seperti tidak terlindungi dari kejahatan yang serius," kata Fassiaux, dilansir dari BBC News, Sabtu (24/8/2013).

Juru bicara Kejaksaan Federal Belgia Wenke Rogen pun angkat bicara mengenai penemuan tersebut. "Kami menemukan total 600 kilogram (kg) bahan kimia dan bahan pendukung lainnya, mereka bisa membuat 1,5 juta pil dengan hanya butuh 25 kg. Jadi Anda bisa bayangkan berapa yang mereka buat dengan 600 kg," ujar Wanke.

"Ini adalah penemuan (narkotika) terbesar di Belgia dan salah satu yang terbesar di Eropa," tambah Wanke.

Demi mencegah hal serupa terjadi, Mayor Fassiaux telah memerintahkan pengamatan yang lebih ketat di Chinmay. Selain di Belgia, tempat lain seperti Belanda dan Portugal juga termasuk dalam pengamatan karena diduga memeliki tempat yang sama seperti di Belgia.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar