Sabtu, 31 Agustus 2013

Gumpert, Pabrikan Supercar Jerman Terancam Bangkrut

Global News World : ALTENBURG - Pernah dengar nama Gumpert? Pabrikan supercar asal Jerman ini punya nama lengkap Gumpert Sportwagenmanufaktur GmbH, dibangun oleh mantan Direktur Audi Sport, Roland Gumpert di tahun 2005.

Dibawah kendalinya Audi memenangkan total 25 gelar balapan World Rally Championship, dan 4 kali Juara World Rally Championship. Model pertama pabrikan yang punya basis di Altenburg ini diberi nama Apollo.

Tahun 2008, Apollo Sport tampil di acara Top Gear kemudian dikendarai keliling sirkuit. Hasilnya mencengangkan, catatan waktu Apollo Sport sempat menjadi yang tercepat, mengalahkan Ascari A10, Bugatti Veyron, dan Pagani Zonda, sebelum akhirnya dikalahkan oleh Bugatti Veyron Super Sport.

Kini nasib pabrikan tersebut tengah gontai dan tidak lama lagi akan menuju kebangkrutan. Investor yang berencana mengucurkan dana untuk menyambung hidup mereka telah memutuskan untuk keluar dari perjanjian, meninggalkan Gumpert dalam keterpurukan finansial.

Laporan dari Jerman mengungkapkan Gumpert terpaksa harus rela kehilangan sisa 19 pekerjanya karena pemasukan dari penjualan kendaraan mereka tidak seimbang. Gumpert telah menyatakan kebangkrutan sejak 12 bulan lalu setelah gagal menjual supercar mereka di pasar menggiurkan China.

Dilansir Caradvice, Jumat (30/8/2013), keadaan sempat membaik di bulan Maret ketika Roland Gumpert mengkonfirmasi telah mendapatkan investor. Gumpert berencana untuk ekspansi ke seluruh dunia dengan model yang menggunakan basik Apollo dan akan mengikuti ajang motor show di akhir tahun ini.

Langkah tersebut terlihat seperti hanya angan-angan, namun seperti layaknya sebuah hal hebat, tidak ada yang tidak butuh perjuangan.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar