Sabtu, 31 Agustus 2013

Tim Inspeksi PBB Tinggalkan Suriah

Global News World : BEIRUT - Tim inspeksi senjata kimia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dilaporkan telah meninggalkan Suriah pada Sabtu 31 Agustus ini. Mereka meninggalkan Suriah tepat saat Amerika Serikat (AS) bersiap menyerang Suriah akibat tuduhan penggunaan gas kimia di negara tersebut.

Menurut beberapa media lokal, mereka melihat konvoi mobil yang membawa kontingen PBB keluar dari hotel Damaskus di pagi hari. Iring-iringan ini langsung menuju perbatasan untuk masuk ke negara tetangga Suriah, yakni Lebanon.

Dikutip dari LA Times, Sabtu (31/8/2013), tim inspeksi ini sudah berada di Suriah selama dua minggu. Dalam "kunjungan" mereka, tim inspeksi yang beranggotakan 20 orang ini memeriksa beberapa daerah termasuk pemukiman di Damaskus yang diduga terkena senjata kimia.

Diketahui, tim ini juga sudah mengambil beberapa contoh bukti ke Eropa untuk memastikan adanya pelanggaran penggunaan senjata kimia. Laporan dari pihak PBB memang sangat dibutuhkan oleh Gedung Putih sebagai acuan mereka sebelum melancarkan operasi militer Suriah.

Sebelumnya, pihak Gedung Putih menuduh pihak pemerintah Suriah yang dipimpin Bashar al-Assad telah melepaskan serangan senjata kimia di luar kota Damaskus pada 21 Agustus lalu. Serangan gas berbahaya dilaporkan telah membunuh ratusan jiwa.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar