Sabtu, 31 Agustus 2013

Mobil Hidrogen Toyota Nyata di 2015

Global News World : TOKYO - Toyota baru saja membeberkan sedikit detail akan seperti apa mobil bertenaga hidrogen milik mereka yang segera dilepas ke pasaran tahun 2015. Masih berupa mobil konsep,  debut Toyota FCV-R fuel cell mengambil tempat di Frankfurt motor show 2013.

FCV-R sebelumnya telah hadir di Tokyo Motor Show 2011 lalu, sekarang Frankfurt akan kebagian jatah versi facelift yang menerapkan berbagai macam pengembangan. Sistem hybrid milik Toyota Prius sekarang digunakan, namun mesin konvensional diganti dengan sel bahan bakar hidrogen, sementara tangki penyimpanan hidrogen menggantikan tangki bahan bakar mesin.

Toyota berhasil mengurangi ukuran paket sel baterai tanpa mengurangi tenaganya, justru malah ditingkatkan dua kali lipat menjadi 3.0 Kw per liter. Jelas inovasi ini menguntungkan praktikalitas serta mengurangi biaya karena seluruh sistem sel hidrogen tersebut diletakan di bawah lantai mobil.

Diberitakan Autoexpress, Sabtu (31/8/2013), FCV-R concept pernah diuji jalan, Toyota mengklaim daya jelajahnya mencapai 675 Km. Bila di dunia nyata mungkin saja mencapai sekitar 480 Km, dengan hasil pembuangan hanya berupa uap air.

Kendaraan menggunakan bahan bakar hidrogen selalu menjadi teori yang menarik untuk praktekan, namun lagi-lagi masalah ada pada harga jual yang tinggi, masih butuh banyak terapan sebelum menjadikannya produk massal.

Toyota memprediksi FCV-R concept akan mulai tersedia di skala global mulai 2020, didukung juga oleh stasiun pengisian bahan bakar hidrogen.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar