Selasa, 27 Agustus 2013

Korea Utara Kirim Senjata Kepada Suriah

Global News World : TOKYO – Pemerintah Korea Utara (Korut) dilaporkan mencoba untuk mengekspor masker anti-gas dan senjata kepada  Pemerintah Suriah khususnya tentara loyalis Presiden Bashar al-Assad. Tetapi niatnya digagalkan, ketika muatan itu tiba di Turki.

Ekspor barang ini dilakukan dengan menggunakan kapal berbendera Libya. Kapal yang teridentifikasi bernama Al En Ti Sar meninggalkan Korut awal tahun ini. Militer Amerika Serikat (AS) memang diketahui sedang melacak keberadaan kapal ini bersama negara-negara lainya.

Kapal ini diketahui berlayar melewati Dardanelles di Turki 3 April 2013 lalu. Setelah mengetahui adanya kapal pembawa logistik Korut, pihak otoritas Turki segera melacak keberadaan kapal disertai juga dengan informasi dari AS.

Ketika berhasil menangkap tersebut pihak Turki langsung menyita 1.400 pistol dan juga menyita sekitar 30.000 peluru, disamping masker yang digunakan sebagai pelindung senjata kimia. Pihak AS percaya seluruh muatan ini dibawa untuk membantu rezim Presiden al-Assad.

Seperti dilansir Channel News Asia, Selasa (27/8/2013), pihak Turki juga menahan dan meminta keterangan dari kapten kapal itu. Dalam pemeriksaan, kapten kapal Al En Ti Sar mengakui kalau dia ditugaskan untuk membawa senjata-senjata ini dari Korut menuju Suriah.

Suriah seperti diketahui mendapat sanksi pemebelian senjata dari AS, Uni Eropa dan sekutu mereka. Sementara Korut juga mendapat sanksi penjualan senjata yang dianggap dapat memicu penggunaan senjata nuklir.

Penjualan senjata antara Korut dan Suriah terjadi karena kedua negara secara diam-diam mempunyai hubungan militer selama beberapa tahun. Menurut beberapa sumber, Korut juga membantu Suriah dalam pengembangan senjata nuklir yang hancur akibat di bom Israel 2007 lalu.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar