Selasa, 27 Agustus 2013

PM Australia Bahas Masalah Suriah dengan Obama

Global News World : CANBERRA - Perdana Menteri Australia Kevin Rudd membahas situasi tentang Suriah dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama. Rudd mengatakan, sudah sepatutnya dunia internasional berbuat sesuatu untuk hentikan pembantaian.

"Sejarah yang akan menilai buruk dunia internasional jika tidak menghentikan pembantaian ini. Peristiwa seperti pembantaian di Srebrenica pada 1995 dan genosida di Rwanda pada 1994 akan kembali terulang," ujar PM Rudd, seperti dikutip SBS, Selasa (27/8/2013).

"Semakin jelas bahwa Presiden Bashar al-Assad melakukan serangan (dengan senjata kimia) terhadap warga sipil pekan lalu di Damaskus," lanjutnya.

Rudd juga mengecam penembakan yang dialami oleh para anggota tim inspeksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Suriah. Mobil yang dikendarai oleh tim itu ditembak oleh penembak jitu, ketika hendak bergerak menuju lokasi yang diduga serangan yang menggunakan senjata.

Selain itu PM Rudd juga mengatakan bahwa dirinya bersama dengan Presiden Barack Obama melakukan pembahasan mengenai situasi yang terjadi di Suriah saat ini.

"Situasi di Suriah saat ini sangat menyedihkan. Presiden (Obama) melakukan pembicaraan dengan sekutunya untuk membahas dua hal. Pertama, di mana bukti untuk menentukan yang bertanggungjawab atas serangan yang makin jelas menunjukkan senjata kimia," tutur Rudd.

"Kedua, kami membahas apa yang harus dilakukan oleh dunia internasional. Kami juga membahas tentang masa depan Suriah dan ke mana arahnya di masa depan, mengingat kompleksnya masalah politik di negara itu," ucapnya.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar