Sabtu, 31 Agustus 2013

Rusuh di Kashmir, 5 Milisi Tewas

Global News World : KASHMIR - Lima orang milisi Kahmsir tewas dalam pertempuran melawan pasukan keamanan India yang bertugas di daerah pertikaian. Kejadian dipicu ketika ditembakinya pasukan militer dan kepolisian oleh milisi pemberontak di hutan Najwan dekat daerah Ganderbal.

Melihat kejadian tersebut, polisi dan militer langsung melepaskan tembakan balasan yang menyebabkan beberapa milisi tewas. Kashmir seperti sudah diketahui adalah daerah yang penuh konflik. Tanah ini diperebutkan oleh dua negara bersaudara, yaitu Pakistan dan India.

Akibat penuhnya darah yang terus mengalir di daerah Kashmir, masyarakat lokal memulai melakukan pemberontakan terhadap pemerintah India sejak 1989.

Beberapa tahun belakangan ini sebenarnya kekerasan di Kashmir sudah jauh berkurang dari puncaknya era 90an. Hanya saja masalah pemberontak yang tidak puas dengan India masih saja belum bisa terselesaikan.

Pada awal tahun ini, seorang pria asli Kashmir bernama Afzal Guru mendapat tuduhan dari pemerintah India sebagai otak penyerangan parlemen India 2001. Tuduhan ini segera saja memecahkan serentetan kerusahan baru di daerah Kashmir.

Melansir BBC News, Sabtu (31/8/2013), kemarahan bangsa Kashmir akhir-akhir ini makin memuncak akibat adanya penyelidikan resmi yang mengejutkan. Penyelidikan ini menyebutkan, saat insiden Kashmir sedang dalam tahap kritis, pemerintah India memberi hadiah uang tunai dan promosi jabatan bagi setiap tentara yang berhasil membunuh warga sipil Kashmir.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar