Senin, 12 Agustus 2013

Ini Cara Merawat Kaca Film

Global News World : JAKARTA- Kerap kali pemasangan kaca film hanya sebagai syarat setiap kali konsumen membeli mobil baru. Atau tidak sedikit juga pemilik kendaraan menggunakan kaca film hanya sebagai alat untuk meningkatkan privasi dalam kabin.

Fungsi dan jenis kaca film yang beredar sekarang ini tidak hanya memiliki kemampuan sebagai alat penolak panas matahari yang memiliki kandungan sinar ultra violet di dalamnya. Kegunaan lainnya adalah sebagai piranti tambahan keamanan, meningkatkan efisiensi penggunaan bahan bakar, dan variasi aksesoris pada eksterior.

Banyak jenis kaca film yang beredar sekarang, dan rata-rata semuanya memiliki cara perawatan yang secara garis besar hampir sama.


Berikut adalah tips merawat kaca film:
1. Kenali kaca film Anda, jangan menggunakan pembersih dengan kandungan yang tidak direkomendasikan dari produsen seperti alkohol, cairan kimia, dan soda.

2. Pisahkan antara pembersih kaca film dengan pembersih eksterior dan interior.

3. Gunakanlah lap pembersih dengan bahan halus seperti mikrofiber atau kanebo, karena kotoran akan lebih cepat menempel dan mengurangi dampak dari gesekan sisa – sisa kotoran ketika sedang dibersihkan.

4. Secara berkala perhatikanlah kondisi karet pada jendela. Apabila sudah rusak atau terkelupas dapat menimbulkan baret pada kaca film karena aktifitas naik turun kaca.

5. Kaca film yang baik sudah dapat melindungi mobil terhadap panas sinar matahari tetapi bukan berarti harus digunakan secara berlebihan. Untuk menjaga kondisi kaca film apabila sedang tidak digunakan dalam waktu lama, parkirlah kendaraan di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung karena bisa menyebabkan kaca film memuai dan mengelupas.

6. Pada kondisi musim hujan, kaca mobil sering kali berembun. Bersihkan sisa – sisa embun dengan lap halus agar tidak ditumbuhi jamur.

7. Jika terjadi kerusakan seperti mengelupas, jangan ditarik. Terutama pada kaca belakang karena bisa menyebabkan tali kabut putus dan tidak berfungsi dengan baik. Bawalah ke toko atau bengkel tempat beli dan pemasangan untuk diperbaiki.

8. Umur setiap kaca film paling lama 5 - 7 tahun sejak pemasangan, bersiaplah untuk menggantinya dengan yang baru bila sudah memasuk masa ini.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar