Kamis, 15 Agustus 2013

Tanpa Enkripsi, Layanan Email Tidak Aman

Global News World : MOSKOW - Pembocor rahasia National Security Agency (NSA), Edward Snowden, menilai bahwa tidak ada layanan email yang aman. Menurutnya, selama layanan email tidak terenkripsi, maka email tersebut tidak aman.

"Saya terkejut menyadari bahwa ada orang-orang di organisasi berita yang tidak menyadari pesan tidak terenkripsi yang dikirim melalui internet sedang dikirim ke semua dinas intelijen di dunia," kata Snowden kepada jurnalis freelance, Peter Maass. Demikian seperti dikutip dari Mashable, Kamis (15/8/2013).

Snowden yang saat ini berada di sebuah tempat rahasia di Rusia, juga mengkritik khususnya wartawan yang tidak menggunakan saranan aman untuk berkomunikasi dengan nara sumber. "Jelas, bahwa komunikasi sumber jurnalis yang tidak dienkripsi merupakan kecerobohan yang tidak bisa dimaafkan," sambungnya.

Bukan kali ini saja Snowden mengungkapkan pandangannya mengenai pentingnya enkripsi (penyandian). Sebelumnya, ia juga pernah menyampaikan hal serupa saat melakukan wawancara dengan The Guardian.

"Enkripsi sangat bekerja. Menerapkan dengan benar sistem kriptografi yang kuat merupakan salah satu dari beberapa hal yang dapat Anda andalkan," ungkapnya kepada The Guardian.

Di bidang kriptografi, enkripsi adalah proses mengamankan suatu informasi dengan membuat informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus

Layanan email terenkripsi belakangan ini berhasil menarik perhatian. Pekan lalu, Lavabit, layanan email terenkripsi yang diduga digunakan oleh Snowden, memutuskan untuk menutup layanannya setelah menolak memberikan informasi kepada pemerintah. Selain itu, Silent Circle, sebuah perusahaan yang menawarkan layanan enkripsi, juga menutup layan email karena khawatir terhadap pengawasan pemerintah.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar