Selasa, 13 Agustus 2013

Perebutkan Gibraltar, Inggris Kirim Kapal Perang ke Spanyol

Global News World : LONDON – Inggris mengecam aksi Spanyol yang menjaga ketat perbatasan Gibraltar. Langkah itu disebut sebagai manuver Spanyol untuk merebut Gibraltar dari Inggris.

Spanyol memang secara terang-terangan mengklaim Gibraltar sebagai wilayahnya. Mereka berencana membawa isu Gibraltar ke Dewan Keamanan PBB.

“Aksi Spanyol sangat disayangkan dan bermotif politik,” ujar Juru bicara Pemerintah Inggris, seperti dikutip BBC, Selasa (13/8/2013).

“Kami akan segera mengadukan hal ini ke Uni Eropa,” lanjut sang juru bicara.

Inggris menguasai Gibraltar sejak 1713 melalui Traktat Utrecht. Gibraltar merupakan semenanjung kecil yang berbatasan dengan wilayah Spanyol. Wilayah itu sendiri awalnya dihuni warga muslim yang pernah menguasai Spanyol selama berabad-abad.

Selain mengadukan Spanyol ke Uni Eropa, Inggris juga mengirimkan kapal perangnya ke Gibraltar. Kapal HMS Westminster akan menjaga Gibraltar untuk membuat Spanyol gentar.

Penjagaan ketat di perbatasan Gibraltar membuat warga kesulitan menjalani aktivitas. Wilayahnya yang kecil membuat Gibraltar bergantung dengan Spanyol dalam hal logistik.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar