Kamis, 15 Agustus 2013

PU Baru Belanjakan 42% Anggarannya

Global News World : JAKARTA - Penyerapan anggaran Kementerian PU tahun ini telah mencapai 42 persen selama semester I-2013, meningkat 3 persen dari penyerapan pada periode yang sama tahun lalu.

"Peningkatannya tidak banyak. Kurang lebih setiap tahun sama ketika aktivitas konstruksi memasuki medium periodesasi," kata Kepala Badan Pembinaan Konstruksi Kementerian PU Hendiyanto W Husaini saat ditemui di Kantor Kementerian PU, Kamis (15/08/13).

Menurut beliau, dari 42 persen yang diserap kurang lebih 40 persen terealisasi untuk bidang Bina Marga. Sementara prosentase besar lainnya teralokasi untuk bidang Sumber Air dan Cipta Karya. Pergerakan grafik daya serap tahun ini dianggap cepat dan lebih banyak dikarenakan oleh sektor pembangunan konstruksi jalan raya.

"Yang paling banyak menyerap adalah jalan raya. Industri Konstruksi memang punya fenomena yang cukup statis terkait dinamika aktivitas pembangunan. Grafiknya akan landai di awal, naik di tengah periode dan landai lagi di akhir periode," jelasnya.

Kementerian PU sendiri sejak tahun 2009 telah menyerap kurang lebih Rp360 triliun, termasuk anggaran tahun 2013 dalam periodesasi pemerintahan 2009-2014. Tahun depan Kementerian PU akan menyerap anggaran kurang lebih Rp70 triliun-Rp80 triliun.

"Kami berharap memasuki Oktober nanti penyerapannya (42 persen tadi) telah mencapai 75 persen dan bisa menyentuh presentase 90 pada akhir tahun", tambah Hediyanto.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar