Rabu, 14 Agustus 2013

Rudi Ditangkap, Komisi Pengawasan SKK Migas Kebobolan

Global News World : JAKARTA - Penangkapan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas (SKK Migas) Rudi Rubiandini oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membuktikan SKK Migas belum berfungsi secara maksimal.  

Menteri Energi dan Sumber daya Mineral (ESDM) Jero Wacik yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Komisi Pengawas SKK Migas mengaku kebobolan atas tertangkapnya Rudi Rubiandini oleh KPK. Menurutnya, lembaga tersebut dibentuk untuk menjalankan fungsi teknis SKK Migas, seiring dengan dibentuknya lembaga pengelolaan migas nasional itu sendiri.

"Komisi pengawas mulai aktif pada saat SKK Migas berdiri. Saya sangat kaget dengan tertangkapnya pak Rudi oleh KPK, karena ini masih terdapat bolong sana-sini," ujar Jero saat di konferensi pers di Gedung ESDM, Jakarta, Rabu (14/8/2013).

Menurut dia, di Komisi Pengawasan SKK Migas tengah melakukan evaluasi yang juga menetapkan peraturan-peraturan guna tidak terjadi lagi hal yang serupa agar tidak menimpa lembaga pengelolaan industri migas di tanah air.

"Nanti kita evaluasi, apa yang perlu kita awasi lebih lanjut dan cermat dalam penyelenggaraan skk migas ini. Kita juga sudah tetapkan rambu-rambu dan juga peraturan dalam ke depannya," kata dia.

Adapun tugas Komisi Pengawasan SKK Migas yang telah dituangkan dalam keputusan Presiden yakni, Komisi pengawas, mempunyai tugas yang memberikan persetujuan kebijakan strategis SKK Migas dalam penyelenggaraan pengelolaan migas nasional.

"Melakukan pengendalian pengawasan dan evaluasi. Memberikan pertimbangan terhadap usulan pengangkatan dan pemberhentian Kepala SKK Migas. Memberikan persetujuan terhadap usulan pengangkatan dan pemberhentian kepala SKK migas," pungkasnya.

Sekadar informasi, Komisi Pengawas SKK Migas ini dibentuk berdasarkan Surat Keputusan Presiden yang beranggotakan Menteri ESDM, Jero Wacik sebagai Ketua Komisi. Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati sebagai Wakil Ketua Komisi. Serta Wakil Menteri ESDM, Susilo Siswoutomo dan Kepala BKPM Chatib Basri sebagai Anggotanya.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar