Senin, 12 Agustus 2013

Kemenkeu Sudah Gelontorkan SAL Rp15 T

Global News World : JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat Sisa Anggaran Lebih (SAL) 2012 sebesar Rp33,49 miliar dan akan digunakan untuk membiayai pengeluaran negara pada awal tahun 2013. Namun hingga Juni, SAL tersebut belum seluruhnya terpakai.

Pelaksana Tugas Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, SAL telah terpakai sekira Rp15 triliun. Meski bukan kisaran pasti, namun dia mengungkapkan pengeluaran tersebut dilakukan untuk pendanaan.

"Dipakai di pendanaan dan sebagian SAL dipindahi untuk mengisi cash flow dari kegiatan ini," Kata Askolani di Kemeterian Keuangan, Jakarta, Senin (12/8/2013).

Dia mengatakan, SAL memang digunakan untuk menutup defisit anggaran yang terjadi akibat tingginya impor. Dia menambahkan, SAL bisa saja dihabiskan, namun tergantung pada aliran dana yang ada.

"Tergantung nanti kan tiap bulan ada pemantauan, dipakai semua enggak, dulu ada dipakai semua tapi kadang nggak, tergantung cash flow nya saja" lanjut dia.

Dengan penerimaan yang cenderung turun, dan belanja yang naik, maka berapa SAL yang harus digunakan, lanjut dia, tergantung dari hasil pemantauan aliran dana setiap bulannya hingga akhir tahun.

"Nah yang itu tiap bulan kan kita pantau dan sampai Desember pun kita pantau mingguan bahkan bisa bisa harian. Ini kita lihat perlu enggak dipindahin, yang pindahin itu di Ditjen perbendaharaan," tukas dia.

Okezone.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar